Friday, August 18, 2017

Pangandaran, Berbagi Waktu Sejenak

Mendadak Pangandaran,

Sebenarnya kagak mendadak juga sih. Rencana awal adalah ikutan acara anak-anak kantor SOJ, jadi minggu itu saya kagak pulang ke jogja dan sepertinya minggu depannya juga kagak pulang. Berarti 2 minggu saya kagak balik jogja. Kangen lah sama anak istri. Akhirnya, ya wes..saya ajak anak istri ikutan SOJ kantor, tapi belum fixed juga. Istri masih mikir-mikir karena harus bawa 2 bocah naik kreta sendirian. Waktu ke SOJ semakin deket tapi belum ada kepastian istri ikutan apa kagak sampai pada hari terakhir mau berangkat dia memutuskan untuk ikutan. Sempet bingung bakal ketemu dimana, ciamis atau cirebon, akhirnya kami memutuskan untuk ketemu di cirebon. Yah, akhirnya kosan saya tersidaklah..hehe, tapi tetap aman sentosa.

Jumat malam nyampe cirebon dan sabtu pagi kami harus berangkat ke pangandaran. Oh ya..SOJ kali ini ke pantai pangandaran. Mungkin karena pantai paling deket yang bisa ditempuh dari kantor ciamis. Kurang lebih 90 KM dari ciamis lah. Kami barangkat jam 8 pagi dan nyampe di pangandaran kurang lebih jam 2 siang, lumayan jauh lah kalo di tempuh dari kuningan. Sesampainya di pangandaran kami langsung cari penginepan dan istirahat. Kalo perjalanan jauh mah, anak sama istri bisa tidur selama perjalana. Lha bapak supir, perlu istrirahat juga donk, jangan dipaksain pake obat kuat..hehe

Habis ashar, setelah sedikit istirahat akhirnya cus ke pantai di pantai barat pangandaran. Kakak sudah semangat banget pengen langsung ke pantai. Pertanyaan pertama dari kakak biasanya kalo ke pantai adalah:

“ bunda, bawa baju ganti? Aku boleh maen basah-basahan ya?”

Kurang lebih gitu lah. Kalo bundanya udah iyain, hadeeeh..senengnya minta ampun. Langsung aja nyebur, lari-larian, maen pasir.

Oh ya, yang ternyata seneng maen di pantai kagak Cuma kakak, tapi juga adek yang sudah bisa jalan. Kalo waktu bayi dulu kakak takut kalo denger suara ombak, adek mah beda. Dia seneng dan semangat banget kalo maen ke pantai, main pasir sepertinya hal baru yang menarik buat dia. Bahkan mulutnya sampe blepotan pasir.

Semakin sore ternyata pantai barat pangandaran semakin rame. Semakin banyak pedagang yang jualan. Mulai dari yang jualan kopi, jualan bakso cuanki, rujak bebeg, sampe jualan balon, bahkan orang-orang yang nawarin sewa kuda dan delman pun semakin banyak dan berkeliaran bercampur dengan pengunjung. kagak kerasa ntar lagi sunset, langit udah semakin merah. Tapi, rencana maen di laut sampai lihat sunset kali ini gagal, kakak udah cranky. Laper, capek, campur kedinginan akhirnya bikin kita memutuskan balik ke hotel.

Cagar Alam Pangandaran

Sepengetahuan saya, pangandaran merupakan wisata pantai. Namun, ternyata ada bentuk wisata lain di pangandaran, yaitu cagar alam pangandaran yang letaknya di semenanjung pangandaran. Berbagai hewan dan tumbuhan menjadi penghuni cagar alam pangandaran, ada rusa, monyet, lutung dan banteng. Namun untuk habitat banteng lokasinya cukup jauh di dalam cagar alam pangandaran. Jika pengen menuju lokasi maka disarankan untuk pakai pemandu dikarenakan beberapa jalan merupakan jalan setapak dan butuh waktu kurang lebih 2 jam trekking menuju lokasi.

Monyet-monyet di cagar alam banyak yang sudah tidak takut dengan manusia, bahkan mereka mendekati pengunjung untuk minta makanan dan beberapa bahkan menarik tas pengunjung untuk mendapatkan makanan, mungkin mereka sudah menganggap saudara..hehe. Hal ini biasanya dikarenakan banyak pengunjung yang memberikan makanan ke monyet-monyet sehingga mereka terbiasa dan menagih makanan dari pengunjung yang datang. Kalo monyet berkeliaran di tanah dan mendekati pengunjung, beda dengan lutung yang lebih memilih untuk menjauh dari manusia dan tetap berada di pepohonan. lompat dari pohon satu ke pohon yang lain. Sebuah kejadian yang tidak mengenakkan hampir saja terjadi dengan lutung yang bergelantungan. Ketika kami mengamati lutung-lutung di pepohonan jauh di depan kami, ternyata ada siraman air yang jatuh dari atas dan tak jauh dari lokasi kami berdiri, setelah kami mendongak ke atas ternyata ada seekor lutung yang bergelantungan di atas kami, dan sepertinya air yang jatuh di sebelah kami tadi adalah kencing lutung..hahaha.

Tau aja tu lutung cara maksain orang buat mandi pagi.

Setelah hampir dikencingin lutung, kami melanjutkan untuk muter-muter lagi di cagar alam. Semakin masuk ke dalam semakin banyak rusa dan monyet yang berkeliaran. Kak akta sama dek kani seneng banget liat rusa yang hilir mudik dan monyet yang kejar-kejaran dengan yang monyet lainnya. Sampai akhirnya terjadi insiden yang bikin kak akta moodnya berubah drastis, yaitu ketika kakak iseng ngelempar batang kayu ke monyet yang sudah terlihat cukup tua namun terlihat tidak cukup ramah dengan pengunjung. Mendadak monyet tersebut marah dan mengejar kak akta, kakak yang ketakutan langsung lari ke belakang saya. Monyet yang masih marah tersebut akhirnya berhenti di depan saya namun tetap dengan kondisi marah. Menyeringaikan giginya untuk menantang, bukan adu putih gigi sama saya, karena saya pasti kalah. Saya berusaha tenang agar monyet tersebut tidak marah lagi walopun sebenarnya saya juga takut..hehe. digigit ato dicakar monyet mah tetep aja sakit. Perlahan akhirnya monyet tersebut mundur dan mulai tenang. Setelah itu saya spontan marah ke kakak. Marah karena dia iseng terhadap hewan yang awalnya diam dan tidak mengganggu. Saya bilang bahwa hewan apapun bisa marah kalo kita perlakukan tidak baik, dan sepertinya itu jadi pelajaran berharga buat dia.

Setelah insiden dengan kera, saya jadi merasa bersalah karena sepontan marah saat dia masih ketakutan. Akhirnya saya coba tarik dia untuk ngomong berdua, biar tenang, saya minta maaf dan jelasin kenapa tadi ayahnya marah. Bundanya juga berusaha untuk menenangkan dengan mengalihkan untuk melihat rusa yang sedang cari makan.

Ok..waktu udah cukup siang. Harus balik hotel buat check out dan balik ke kuningan trus lanjut antar istri ke stasiun cirebon untuk balik ke jogja. Alhamdulillah sudah seperti supir antar kota antar propinsi.

Capek? Iya lah..tapi kagak perlu obat kuat kok..senyum dan tawa mereka aja cukup #gombalbanget

Seneng? Halah..masih nanyak lagi..

Semoga tetep diberi kesehatan, rizki dan waktu untuk jalan-jalan lagi..amiiin..karena bagi kami yang LDM, berbagi waktu, bermain dan bercengkrama bersama walopun sejenak itu sangat berarti.