Sunday, December 9, 2012

I am a happy father

Nose to nose
Are you happy? yes i am, and i am a happy father. Pertanyaan yang saya lontarkan ke diri saya sendiri ketika saya resmi menjadi seorang ayah, walopun tanpa peresmian secara formal..hehe. Kenapa saya harus happy? lho, kenapa tidak??. Sebuah pertanyaan yang dengan banyak alasan saya bisa menjawabnya dengan tingkat validitas yang tinggi dan margin eror yang rendah, bahkan mungkin saja NOL..halah..koyok paham statistik ae..hehe. tapi satu yang pasti yang bikin saya bahagia, adalah banyak hal baru yang saya pelajari, hal yang seru yang bikin saya ter-ngagah ketika menjalaninya, ketika sosok Kanzie Alhumam Abyakta (Akta) mulai menyapa ayahnya dengan tangisannya. Sebuah kata "ooeeekk" yang bagi saya seolah dia memanggil "ayaaaaah"..hehehe. OK, berikut sebagian hal baru dari sekian banyak yang menimpa saya:

Menenenkan dek bayi,
Bingung mungkin "menenenkan dek bayi" itu maksudnya apa. Menenenkan dek bayi yang saya maksud di sini adalah bagaimana membantu dek bayi untuk bisa nenen dengan baik dan benar sesuai dengan EYD, atau "mEnenen Yang Disarankan"#mekso. Sebenarnya sudah lumayan banyak materi yang saya pelajari mengenai bagaimana memberi asi pada dek bayi, mulai dari berapa banyak kebutuhan asi sampai pada proses pelekatan. Namun itu semua terasa hampa tanpa ada praktek#halah, karena learning by doing itu selalu saja lebih menyenangkan. Menenenkan dek bayi, yah betul. Pada dasarnya dek bayi sudah bisa nenen dengan sendirinya, namun  tidak jarang juga dek bayi salah dalam proses nenen. Dek bayi hanya ngenyot putingnya saja, bukan areola. Terkadang juga dek bayi tergagap-gagap untuk masukin puting ke mulutnya, mungkin karena mulutnya terlalu mungil kali ya..ato malah..ah, pikir sendiri aja..ngomongin nenen selalu bikin nda konsen..hehehe.
Kondisi dek bayi yang sudah mulai haus pengen nenen, tapi susah nemuin puting, itu yang kadang bikin dek bayi nangis dan kelihatan panik cari puting. Nah..disini lah dimulai hal yang menyenangkan dan akhirnya membahagiakan. Pertama, ketika dek bayi mulai cari puting dan panik, saya coba untuk bantu mengarahkan puting ke mulut mungil bayi#enaktho, karena bundanya fokus untuk megangin dek bayi. Maklum masih pengalaman pertama nenenin, jadi masih bingung pegangin dek bayinya..hehehe. Perasaan bahagia itu muncul ketika mulut dek bayi nemunin puting dan langsung cloooop..!!!. Nempel deh mulutnya dek bayi dengan pelekatan yang sempurna. Yah..akhirnya pun yang nolongin dek bayi nenen ini juga ikut legooo banget..haahhh..luar biasa pokoknya. bantuin proses itu dan berhasil menenenkan dek bayi itu memberikan kesenangan dan kebahagiaan yang luar biasa, and i am a happy father.

Gantiin popok,
Tumpukan popoknya dek bayi
Yes, satu lagi hal yang sangat seru yang menimpa saya, yaitu proses penggantian popok. Mulai sejak lahir, dek bayi sudah ASIX (Asi Exclusive) dan itu yang bikin dek bayi sering pup, katanya suster sih karena ASI adalah makanan yang paling mudah dicerna oleh dek bayi, jadi dek bayi sering pup, bahkan ketika 10x dalam sehari pun masih terhitung normal. Selama 2 hari di RS. Hermina sih masih belum kepikiran buat gantiin popoknya dek bayi. Toh kalo pup ntar susternya yang gantiin popoknya, bahkan ketika tengah malam. Nah..pas masuk hari ketiga nih akhirnya kepikiran kalo nda mungkin juga susternya ikut ke rumah buat gantiin popok doank..hehehe, dan di hari ketiga itulah akhirnya saya minta diajarin oleh mbak-mbak suster untuk gantiin popoknya dek bayi, bahkan belajar mbedong..hehehe, dan alhamdulillah ternyata saya adalah seorang pembelajar yang mudah belajar..saya bisa gantiin popok dan juga mbedong.
OK, kejadian serunya terjadi pas udah di rumah mertua di malang. Hampir setiap dek bayi pup, saya yang gantiin popoknya. Maksud saya biar istri saya isrtirahat dulu saja. Dia habis lahiran tentunya kondisinya masih belum fit dan mungkin juga masih sakit karena luka bekas lahiran. Hampir setiap dek bayi pup, kondisinya jadi heboh, om dan tantenya ikut nimbrung di kamar buat liatin dek bayi pup..hahaha..aneh ya..kalo masih bayi itu memang apa saja bakal jadi menarik, pup saja sudah bikin heboh #tepokjidat. Seperti biasa, dengan cekatan akhirnya saya bersihin pupnya pakek bagian popok yang masih kering dan juga kapas basah. Setelah semua bersih, saya gantiin popoknya dengan yang baru, bersih dan wangi..hhmmmm...udah, sekarang popoknya akta udah digantiin ama ayah. udah kering. udah ganteng. hhmmm...saya bilang gitu ke dek bayi, dan ternyata perkataan saya itu langsung dijawab oleh dek bayi dengan jawaban "preeeeeettt...!!!" daaaaan "ggrrrrrrr" seisi kamar semua ketawa, ternyata dek bayi pup lagi#tepokjidat. Menjalani semua proses tersebut benar-benar memberikan kesan yang luar biasa bukan hanya buat saya, tapi juga buat semua yang ada di kamar ato bahkan dek bayinya juga karena sudah berhasil ngerjain ayahnya..hehehe. tapi OK, ayah kagak keberatan kok. ayah bahagia, and you make me be a happy father.

Menyendawakan dek bayi,

Pernah cegukan? gimana rasanya? menyiksa kan? yes, pengalaman pertama kali dek bayi cegukan benar-benar bikin saya panik. Kagak tega ngeliatnya. Ceritaya setelah dek bayi dinenenin sama bunda dan mau tidur karena sudah puas nenen bahkan jatah ayahnya juga dihabisin..hehehe, eh..tiba-tiba terdengar suara cegukan dari dek bayi. Pertamanya sih kedengeran lucu karena suara cegukannya imut juga kayak bayinya, tapi kok lama-lama tambah kenceng, nda cuma suaranya, getarannya juga, terus dek bayinya keliatan tersiksa gitcuuu..hadeeeh...kasihan. Akhirnya saya coba terapin ilmu yang diajarkan oleh mbak-mbak suster di RS. Hermina, bahwa kalo bayi habis nenen baiknya disendwakan biar kagak cegukan, dan mereka adalah guru yang baik buat saya..#lebay. Akhirnya dek bayi saya gendong dengan posisi diberdirikan, posisi dek bayi menghadap ke belakang dan dada nempel ke dada saya, terus punggungnya di puk-puk pelan-pelan, yes, berjalan dengan baik namun sepertinya hasilnya kurang maksimal, karena adek bayi masih cegukan.
Lepas dari ilmu yang diberikan oleh guru-guru di RS. Hermina, akhirnya saya lari mbah dukun, yaitu mbah google dan ternyata ada beberapa cara yang diajarkan oleh si mbah google. Pertama adalah seperti yang diajarkan oleh guru-guru di RS. Hermina, sama persis. Hal tersebut membuat saya sadar dan membuka mata bahwa bukan salah gurunya, tapi muridnya yang kurang pinter..hahahaha...langkah kedua adalah dengan menengkurepkan dek bayi dan melumuri punggungnya dengan "mintak kelon" eh..salah..kalo dek bayi pakeknya "minyak telon"..hehehe, dan diurut dari punggung bawah ke punggung atas, dan alhamdulillah cegukannya dek bayi ilang..lega rasanya#lapkringet. Akhirnya dek bayi bisa bobok dengan pulas dan imut. sekali lagi, sebuah pengalaman yang menyenangkan dan membuat saya happy.

Memerah ASI,

Segala sesuatu yang berhubungan dengan "gentong ASI" selalu membuat ayah-ayah senang, begitu juga dengan saya tentunya..hehehe. Tapi kali ini gentong ASI-nya kagak saya buat mainan seperti biasanya, uppss..!!!#keceplosan. Ritual kali ini adalah memerah ASI, sebuah ritual yang cukup sakral karena harus penuh konsentrasi dan tingkat spiritual yang tinggi. jika tidak, maka efeknya akan lain, bukan hanya efek samping tapi juga efek depan..xixixi.
Ritual merah-memerah ini dimulai pas beberapa hari setelah pulang dari RS. Hermina, pas kondisi gentong   ASI lagi banjir-banjirnya, bahkan ketika dek bayi sudah puas nenen. Sayang kan kalo ASI yang diberikan secara berlimpah harus terbuang percuma. karena belum punya alat perah ASI, akhirnya ASI diperah secara manual dan ditampung di botol UC1***. Ternyata memerah ASI tidaklah semudah teori-teori yang diajarkan. Walopun ASI tetep netes, tapi kalo diperah hasilnya tetep sak uprit, mungkin karena salah teknik merahnya..hehehe. Akhirnya saya coba bantu merah karena tangan istri udah mulai capek, dan memang kagak mudah. Alhamdulillah, dengan segala kesabaran akhirnya terkumpul setengah botol..hehe, tapi paling tidak bisa ngurangin bengkaknya gentong ASI yang lagi penuh #ngebayangin..dan itu bener-bener bikin saya seneng banget, istri juga seneng dan akhirnya dek bayi pun minum ASI perah pake sendok untuk pertama kalinya, bukan mengalahkan pentingnya nenenin pake gentong ASI, tapi melatih agar terbiasa jika nanti bundanya sudah mulai masuk kerja lagi. Sekali lagi, i am a happy father.

Menghitung bersin,
Aneh mungkin ya ketika baca kalo sub judulnya adalah "Menghitung bersin". OK, bersin adalah perlindungan diri secara otomastis yang dilakukan oleh tubuh manusianusia ketika ada benda asing yang masuk lewat lubang hidung, sehingga secara reflek dikeluarkan melalui mekanisme bersin, dan itu adalah hal yang wajar. Namun, jika yang bersin adalah dek bayi, terkadang hal tersebut menjadi hal yang seru pas kita melihatnya. Dek bayi sudah mulai bersin ketika hari kedua di RS. Hermina atau hari kedua kelahirannya. Biasanya bersin hanya sebanyak 3-4 kali, namun kali ini sampai 7 kali, dan WOW..!!! itu rekor terbanyak bersin yang dilakukan sama dek bayi. Saya sama istri hanya ketawa ketika dek bayi bersin sebanyak itu, dan saya pikir kejam sekali ya ngetawain orang bersin..hahaha. akhirnya, setiap kali dek bayi bersin, saya akan memulai untuk menghitung berapa kali dia bersin, i am happy to do that walopun terasa kejam memang, tapi lutcuuuk..hahaha. maaf ya dek, semoga dek bayi selalu sehat..amiiiin..


Mau anter ayah ke stasiun
Masih banyak hal yang membuat saya bahagia dengan kehadiran dek bayi, bukan hanya saya, tapi juga istri dan seluruh keluarga. Semoga dek bayi bisa menjadi anak yang berbakti buat agama dan bangsa serta berguna buat sesama..amiiiin..we always love you.

No comments:

Post a Comment