Wednesday, December 5, 2012

Welcome My Little Akta


Serang-Jakarta, Trip yang berubah tujuan
Rabu 21 oktober 2012, pukul 4 sore, perjalanan ke Jakarta saya mulai, agak kemalaman sebenarnya dan tidak seperti biasanya karena berbagai hal yang harus saya selesaikan terlebih dahulu. Kebetulan kerjaan emang lagi numpuk, selain itu juga berusaha menghindar dari kemacetan karena jam pulang kantor di jakarta. kalo di Serang mah jarang macet.
Perjalanan Serang-Jakarta kali ini beda. Biasanya ke Jakarta kalo bukan buat kursus bahasa inggris yang mana saya juga sering absen, paling-paling ya ke Jakarta buat meeting di depo. Namun kali ini untuk persiapan berangkat ke Bandung hari kamis pagi. Biasa lah..acara kantor. SOJ akhir tahun, walaupun jualan lagi mpot-mpotan..hehehe. Kali ini bawa 2 mobil karena ada agenda yang beda sepulang dari Bandung. Selain itu juga, saya lagi jaga-jaga saja kalo ada kondisi darurat yang mengharuskan saya go-show ke bandara untuk pulang ke Malang, maklum karena kondisi istri, Ratih Rachma Islami lagi hamil tua. Oh ya, saya ke Jakarta barengan sama temen saya dari rangkas, Nasirul. 
Perjalanan sudah lumayan lama, sekitar 55 menit di tol Jakarta-Merak dan akhirnya sampai di KM.7 setelah melewati sedikit kemacetan di tol cikupa dan karang tengah, akhirnya perjalanan mulai lancar tapi saya tidak yakin bakal lancar sampai pintu tol tomang. maklum, kondisi Jakarta lagi hujan gerimis yang biasanya mengundang macet. Perjalanan mulai masuk KM 10 dan kondisi jalanan tol sudah mulai padat, dan benar saja bahwa jalanan akhirnya stuck di KM7. Sepertinya mobil-mobil lagi berebut keluar pintu tol kebon jeruk. Jalanan diluar tol juga lagi macet total dan sepertinya hal tersebut yang berimbas ke kondisi jalan tol. Kondisi macet juga mengakibatkan mobil si Nasirul kagak kelihatan lagi rimbanya, hanya bisa komunikasi lewat telpon. Mobil mulai saling salip kiri kanan rebutan jalan.


Switch to Malang
Kriiing..!!!, telpon saya bunyi dan akhirnya sebuah informasi yang mengejutkan merubah arah perjalanan hidup saya. halaah..!!! perjalanan mobil saya maksudnya, maaf terlalu lebay..hehehe. yah, betul saja, istri saya telpon dan cerita mengenai hasil pemeriksaan dalam / VT (Vaginal Toucher) yang dilakukan oleh bidan bahwa saat ini dia sudah di kondisi bukaan 5, dan langsung mengarah ke RS. Hermina untuk persiapan lahiran. Sebelum sampai di bidan sebenarnya istri saya sedang dalam perjalanan Jogja-Malang karena dijemput oleh mertua. Mertua maksa jemput hari itu karena kandungan istri saya sudah ngalamin flek. padahal mudik ke malang untuk cuti lahiran rencananya hari jumat malam tapi ternyata harus maju 2 hari. Pulang dari Jogja ke Malang berempat, mama, papa, istri, sama anak saya yang belum lahir..hehehe. Berangkat pukul setengah 7 pagi dan akhirnya nyampe Malang sekitar jam 6 sore dengan dua kali ngalamin ban bocor. 
OK, balik lagi ke cerita perjalanan saya dari Serang ke Jakarta. KM 7 sudah mulai stuck, gerimis dan informasi dari istri bikin saya jadi semakin cemas. Hal pertama yang saya lakukan adalah langsung telpon Nasirul dan kasih info bahwa saya harus switch perjalanan saya ke bandara untuk pulang ke Malang karena istri sudah mau lahiran. Hal kedua adalah kontak teman satunya, Faisal. Saya minta Faisal untuk datang ke bandara barengan anak trainee untuk ambil mobil saya. Faisal siap dan sudah on the way ke bandara. Sesampainya di bandara ternyata Faisal masih belum nongol juga karena ternyata macet melanda Jakarta di segala penjuru dan bidang sedangkan saya harus berkejaran dengan schedule penerbangan dan moment lahiran istri saya. Saya berharap bisa nemenin istri saya dalam proses persalinannya. Di tengah segala kepanikan akhirnya ide pun muncul, anak trainee yang dibawa Faisal, si bagus kasih usul untuk tetep ninggalin mobil di bandara terlebih dahulu. STNK dan kartu parkir ditinggal saja di dalam mobil dan diletakkan dilokasi tersembunyi, sedangkan remote alarm dan kunci dipisahkan. OK, akhirnya STNK dan kartu parkir saya simpan di dalam Al-Quran yang saya letakkan di laci mobil dan remote mobil saya letakkan saja di jok mobil depan. Kunci? ya..sesuai saran akhirnya mobil saya kunci secara manual dan kunci saya letakkan dibalik velg ban depan sebelah kanan. dan...DONE, dan akhirnya saya langsung berangkat ke malang. cuussss..!!!!

BB Mati..!!!! Arrggghhh...!!!
Dalam kondisi darurat dan jarak jauh, maka komunikasi haruslah lancar jaya tanpa halangan sedikit pun biar semua bisa jelas, clear, lifebuoy, dove,...halah..kok malah ngomongin shampo. Ya..harus jelas dan update, biar tidak saling khawatir. Namun tidak begitu adanya ternyata, karena kondisi BB (Boros Batre) sudah low bat. Sebenarnya sih sesuai jumlah bar yang terlihat di batre, saya estimasi kalo batre akan bisa sampai di Jakarta dalam kondisi aman sentosa, namun ternyata tidak. Komunikasi yang intens dengan ajeng, adek ipar saya, karena kondisi istri yang sudah bukaan 5 ternyata banyak menyedot tenaga batre. komunikasi dengan beberapa teman untuk meminta bantuan juga menyedot tenaga batre dan akhirnya saya harus bisa menerima kenyataan bahwa hape saya tewas karena tenaga batrenya telah melayang. Panik? tentu saja. Cemas? jangan tanya. Kondisi darurat dan hubungan jarak jauh, komunikasi yang terputus, parahnya lagi saya harus terjebak di tengah rutinitas Jakarta saat hujan datang. Macet..!!!.
Batre habis, macet, charger hape di mobil rusak, si Nasirul sudah hilang ditelan kemacetan. Yah, perasaan, otak dan logika udah bercampur tak karuan pastinya, akhirnya di tengah kemacetan dan kepanikan, saya berusaha untuk tetap tenang. OK, ambil nafaaaasss, hembuskaaaan. berusaha untuk berfikir tenang kira-kira apa yang bisa saya lakukan. Beberapa pemikiran dan ide mulai keluar, mulai dari yang santun sampai yang ngaco. Pertama, saya pikir saya bisa keluar mobil terus pinjem charger di mobil sebelah. Ya kalo mobil sebelah punya charger, ya kalo kagak dianggep mau malak gara-gara gedor pintu mobil. Ah..kagak jadi pinjem akirnya. Muncul lagi pemikiran kedua, tinggal aja mobilnya di tengah kemacetan, keluar tol, trus naek ojek ke bandara, beres. Ide kedua mental lagi. lha mobilnya pake mobil kantor, kalo ditinggal trus ilang??gantiin donk..hadeeehh..!!!. sampai akhirnya muncul ide ketiga. Biasanya sih saya pake laptop sebagai charger, tinggal colokin hape ke laptop pake kabel data, udah, beres. Tapi kali ini tidak semudah itu karena ternyataaaaa, kabel datanya ketinggalan, hadeeeh..tapi pas liat mouse laptop ama charger mobil, muncul ide pengen jadi Mc.Giver, inget pas jamal kecil dulu. Ujung mouse yang sama ama kabel data dan ujung kabel charger untuk charge hape saya coba jadiin satu kabelnya. potong sambung akhirnya.
Berhasilkah langkah saya?ok, kita lanjut ceritanya. Pertama, yang saya lakuin adalah memotong kabel charger hape. Lancar dan tak ada kendala. Langkah kedua, adalah memotong kabel mouse dan ternyata saya harus menerima kenyataan bahwa kabelnya kagak sama. Ternyata dalam kabel mouse ada kabel lagi yang terdiri dari empat kabel, sedangkan kabel charger dalamnya hanya terdiri dari dua kabel. Ok, mulai putus asa lagi nih, tapi tetep pantang meyerah dan akhirnya kabel-kabel tersebut tersambung dan siap colok. Akhirnya saya ambil laptop dan saya nyalakan. Tung ting..bunyi laptop yang barusan nyala, tanpa basa basi akhirnya saya colok kabel data buatan saya ke laptop dan hape daaaaaaan..HOREEEEEE...!!!usaha saya gagal (menghibur diri sambil ketawa). Yah, paling tidak udah usaha walopun akhirnya mouse laptop juga mengikuti jejak charger yang lebih dahulu wafat.
Perjalanan tetap saya jalani walopun macet dan sering dapat klakson dari mobil belakang akibat aksi sok Mc.Giver yang saya lakuin. Tak berapa lama akhirnya kemacetan mulai terurai dan saya pun cuuusss ke bandara.

Bandara, Antara calo dan colokan listrik
Jalan sudah mulai lancar dan macet pun terurai, tapi bukan gara-gara si foke..hehehe, dan sekitar 25 menit dari titik kemacetan akhirnya saya sampe juga di bandara pukul setengah 9 malam. Hal pertama yang saya lakuin adalah parkir mobil tentunya, terus cari colokan listrik dengan semangat yang luar biasa, seolah colokan listrik adalah tujuan hidup saya setibanya saya di bandara..ckckck. Alhamdulillah, dari kejauhan saya melihat sebuah colokan listrik yang berwarna putih tertempel di tiang ruang tunggu dan tanpa basa basi saya samperin colokan listriknya dan ternyata basi, karena colokan listrik sedang dicolok sama team cleaning service bandara untuk nyalain mesin, semacam alat pembersih lantai, huh... . tapi ternyata keberuntungan masih berpihak ke saya, Alhamdulillah. ternyata si cleaning service pake kabel roll dan disana banyak sekali colokan yang siap dicolok, ooohhhh..betapa bahagianya saya saat itu, saat bisa mencolok salah satu diantara mereka, hehehe. Tindakan selanjutnya adalah telpon ajeng untuk cari kabar mengenai kondisi istri saya, ternyata istri saya malah maksa untuk pulang karena setelah dilakukan pengecekan di RS. Hermina, istri saya masih ngalamin bukaan 1. OK, perasaan mulai tenang, paling tidak masih ada waktu untuk saya bisa ke Malang dan nemenin istri saya lahiran.
Di tengah ketenangan saya yang sedang duduk selonjoran lemas di lantai sambil colokin hape, terdengar suara yang  memecah keheningan perasaan saya. Bang, tiket bang, surabaya? jogja?. sontak saya kaget dan melihat sesosok calo yang menawarkan tiket dengan semangatnya. Oh ya..saya belum dapet tiket buat balik ke malang. akhirnya saya pun telpon Faisal, siapa tau dia sudah booking tiket buat saya. maaf, lg GR tingkat tinggi, dan ternyata jawabannya adalah belum. Colokan saya cabut dan bergegas cari tiket dan ternyata harga tiket sudah lumayan mahal cuy..!!!, bahkan ketika dibanding harga dari calo dan sekali lagi, hape saya mati lagi..hadeeeeh..Pontang-panting lagi cari colokan dan si calo ternyata tidak mau melepaskan peluang besarnya, yaitu saya tentunya. Gimana mas?surabaya mas?murah ini mas?700 rb aja wes?, yah..kata-kata itu yang bunyi terus ngikutin saya yang lagi muter-muter cari colokan, bahkan saya sampe sewot ke calonya. Udah diem..!!bawel aja!!bantu guwe cari colokan dulu, dan akhirnya nemu colokan  tapi sedang dipake sama mba-mba cewek dan ternyata si calo dengan sopan meminta ke si cewek untuk pinjem colokannya sebentar, hehehe. OK, hape nyala lagi dan langsung kontak Faisal untuk ambil mobil di bandara. Pergulatan antara colokan dan calo akhirnya selesai.
Jadi bang? surabaya?kata si calo, hah..ya wes lah..akhirnya saya ambil tiket dari calo. 600 rb ya?kata saya.. jangan bang, 650 rb wes. OK deal..dan akhirnya saya pun berangkat ke Malang lewat Surabaya. Kepikiran juga akhirnya, kalo ternyata hidup saya tidak jauh dari calo setelah biasanya pake jasa calo tiket kreta sekarang calo tiket pesawat. Yah..paling tidak ada peningkatan dari kreta ke pesawat..hehehe.

RS. Hermina
Tiba di Surabaya sekitar pukul 23.30 dan langsung cari travel ke malang, dapat dan hanya berisi 3 manusia termasuk supir travel, tapi alhamdulillah tetep langsung barangkat, karena bisa dibilang pesawat saya adalah pesawat terakhir yang landing, jadi kecil kemungkinan untuk ada penumpang lagi. Perjalanan ke malang dimulai dan di sepanjang perjalanan, saya selalu telpon ke ajeng untuk update kondisi istri saya, bukaan berapa dan sebagainya. informasi ter-update dari ajeng bahwa ternyata istri saya sudah balik lagi ke RS. Hermina setelah dipaksa oleh mertua untuk ke rumah sakit, terkadang istri saya memang sedikit bandel. saya pun bilang ke supir travel kalo saya tidak jadi turun di rumah sengkaling, melainkan ke RS. Hermina. Sepertinya, supir travel tersebut paham kondisi saya. Mulai dari isi percakapan yang ngomongin masalah bukaan sampai RS. Hermina yang hampir orang di malang tahu kalo RS. Hermina adalah rumah sakit ibu dan anak dan tempat bersalin. Tanpa komando si supir travel langsung aja tancap gas kenceng-kenceng..hehehe dan alhamdulillah pukul 01.35 saya tiba di RS Hermina dan langsung ketemu papa di depan rumah sakit terus saya langsung masuk buat ketemu istri. Istri saya langsung senyum ketika liat saya walopun sambil nahan sakit karena kontraksi dan saya lihat flek udah semakin banyak. saya tahu bahwa dia sudah merasa lebih baik, karena orang yang paling ditunggu dalam proses persalinannya akhirnya datang tepat waktu dan menemani dalam proses persalinan, hal itu yang selalu diucapkan oleh dia selama kehamilan,  alhamdulillah..akhirnya bisa nyampe tepat waktu dan bisa nemenin istri saya melahirkan.
Di RS. Hermina, Pertama kali saya masuk ruangan bersalin, ada 4 sosok yang saya lihat, mama yang sedang megangin tangan istri saya, ajeng yang mondar-mandir keluar masuk ruangan, suster yang sedang melakukan pemeriksaan dan istri saya tentunya, yang hanya meringkuk menahan sebuah rasa sakit. Kesan pertama ketika saya masuk ruang bersalin adalah suasana ruang bersalin yang kagak nyaman dan akhirnya saya paham kenapa istri saya menolak untuk melahirkan di rumah sakit. Pengennya melahirkan di rumah dengan kondisi yang nyaman yang kagak bikin stress. Bayangin aja, tirai-tirai putih dikanan kiri, ruangan yang bau obat dan alat bantu persalinan dimana-mana yang siap membantu proses persalinan, atau bahkan melakukan interupsi terhadap sebuah persalinan normal. Saya juga sempet sebel aja pas suster lagi bersihin alat bantu persalinan semacam gunting dan sebangsanya. Suara brisiknya akan bikin istri saya semakin cemas dan stres dan penambahan bukaan malah makin sulit jadinya.
Kegiatan dalam ruang bersalin berlanjut dan saya tetap nemenin istri saya yang dengan sabar jalanin proses melahirkan mulai dari ngerasain kontraksi dan menunggu bukaan lengkap. dan akhirnya saya sadar bahwa joke yang bilang kalo sunat itu lebih sakit dari melahirkan karena sunat cuman sekali sedangkan perempuan itu mau melahirkan berkali-kali itu bener-bener tidak lucu. Memperhatikan perjuangan istri ngerasain sakitnya kontraksi itu bener-bener kasihan, bener-bener kagak tega. Sambil nahan sakit, istri saya selalu pegangin tangan saya dan akan semakin kenceng pegangannya ketika kontraksi datang dan sakitnya semakin menjadi. Keringat dingin istri saya pun sering keluar walopun AC tetep nyala. 
Detak jantung istri saya sepertinya semakin kencang. ternyata hormon adrenalin bekerja cukup baik dalam sebuah proses kehidupan yang cukup menegangkan itu. Jika itu dilanjutkan tanpa ada penetralisirnya, kemungkinan proses tersebut akan berjalan semakin lama dan kemungkinan proses melahirkan akan dilanjutkan di meja operasi, alias sesar. OK, harus ada penetralisir, dan sepertinya penetralisirnya adalah oksitosin atau hormon cinta (kalo nda salah) dan juga endorfin yang membuat orang menjadi lebih relax dan tenang. Akhirnya pun kami berusaha mencapai itu semua..heleh..suasana tiba-tiba menjadi lebih mesra dan romantis, menurut saya tapi entah menurut istri saya..hehehe. Banyak hal yang kami lakukan, mulai dari pegangan tangan, cium pipi, cium kening, pelukan, pijit kaki dan apapun itu asal istri saya bisa nyaman, kagak peduli suster atau pun orang lain. bodoh amat..hehehe. bahkan ketika istri minta untuk digosok punggungnya tanpa henti dan akhirnya tangan kanan kiri saya harus bergantian berusaha sekuat tenaga mengambil peranan itu. Tapi ok lah...secapek apapun akan saya lakukan..cieeee.., lhooo bener ini..karena saya pikir secapek-capeknya tangan saya gosokin punggung istri saya, perjuangan yang dilakukan oleh istri saya untuk menahan sakitnya kontraksi itu pengorbanan yang lebih berlipat-lipat dibanding capeknya tangan saya..dan saya benar2 melihat perjuangan yang luar biasa itu..really proud of you..really love you my beloved honey..
OK. flash-back sedikit. Saat pertama saya datang di rumah sakit pkl 01.35, istri saya sudah mengalami bukaan 3-4, dan bukaan 5 terjadi pkl 02.30 setelah dilakukan pengecekan dalam oleh suster. katanya sih bukaan selanjutnya akan berjalan lebih cepat sampai bukaan 10 atau bukaan sempurna jika bukaan 5 sudah terjadi, dan benar saja, hampir setiap setengah jam bukaan bertambah 1 angka dan sempurna sekitar pukul 05.00. Perjuangan sudah semakin dekat dan bu dokter Maria juga sudah datang, semua suster yang membantu persalinan pun siap diposisi masing-masing. Istri saya juga sudah mulai mengejan sekuat tenaga ketika ada kontraksi, ambil nafas dan hembuskan sambil mengejan...dan terkadang tanpa sadarpun saya  ngikutin apa yang dilakuin istri saya..hehehe..sedikitpun tangan istri saya tidak saya lepas selama proses persalinan begitu juga istri saya yang tidak mau melepas tangan saya, bahkan ketika saya ijin buat ke kamar mandi hanya sekedar pis of cur (pipis), hehehe. 
Melihat perjuangan istri saya saat melahirkan, saya yakin seorang suami dimanapun itu tidak akan tega melihat istrinya berjuang sendirian, begitu juga saya. suster sesekali melakukan pengecekan detak jantung si bayi dan alhamdulillah kondisinya masih baik-baik saja, namun mulai melemah sekitar pukul 05.45. tapi alhamdulillah..subhanalloh..suara tangis bayi pun akhirnya terdengar pkl 05.58, akta kecil pun mengeluarkan suara pertamanya di dunia dengan bunyi "ooeeekkk" dan lahir dengan normal, dengan segala perjuangan yang luar biasa dari sang bunda dan juga dengan segenap cinta tentunya..
Love from me for both of u..sebuah perasan yang luar biasa menyaksikan buah hati menghirup udara dunia untuk pertama kalinya.#peluk

IMD (Inisiasi Menyusu Dini)
Bayi akta lahir, suster langsung ambil tindakan untuk melakukan penyedotan sisa-sisa lendir mulai dari hidung sampai tenggorokan bayi akta, setalah dilap pake handuk. Jujur, liatin anak saya digituin aja saya kagak tega, tapi mungkin itu prosedur yang harus dilakuin, setalah itu timbang dan pengecekan afgar dan akhirnya bayi akta merasakan pelukan hangat bunda dalam proses IMD. Istri saya bilang ke saya untuk bawa akta karena pengen IMD dan alhamdulillah proses IMD berjalan lancar. Satu lagi yang diungkapkan oleh istri saya saat itu, istri saya ingin proses IMD berjalan minimal 1 jam sesuai saran materi-materi proses IMD dan akhirnya proses IMD bisa berjalan bahkan sampai 1,5 jam. Akta pun mendengar adzan untuk yang pertama kali setelah dia lahir, saya kumandangkan sendiri di telinga mungil bayi akta, sebuah pengalaman yang luar biasa, MasyaAlloh.. 
Setengah jam pertama proses IMD, suster sudah minta bayi akta untuk dibawa dan dibersihkan terus diletakkan di kotak yang lebih hangat, namun saya bilang kalo saya minta IMD minimal 1 jam dan saya bilang bahwa pelukan bundanya lebih hangat dari kotak penghangat. Terlihat bayi akta merasa nyaman banget tengkurepan di dada bundanya, jari-jarinya yang kecil dan keriput namun imut pun bergerak pegang nenen bundanya, dia pun coba membuka matanya walopun terlihat masih berat untuk dilakukan, lidahnya yang mungil pun jilat-jilat dada bundanya sampe ilernya kemana-mana..hehehe..tapi bayi akta belum nemuin puting bundanya sampai akhirnya bayi akta di bawa suster untuk dibersihkan..tapi OK lah..kagak papa, dalam proses IMD, nemuin puting itu bonus.
Alhamdulillah..semua berjalan lancar, saya bisa nemenin istri saya melahirkan, menyaksikan perjuangannya demi mempertemukan bayi akta dengan malaikat yang telah dijanjikan Alloh kepadanya di muka bumi, malaikat yang akan selalu melindunginya, yaitu seorang IBU, dan yang tidak kalah pentingnya dalam proses kehidupan yang luar biasa itu, bunda dan bayi akta sama-sama selamat dan sehat..
Welcome my little Kanzie Alhumam Abyakta, semoga menjadi anak yang sholeh dan berguna buat sesama..amiiin..peluk kasih dan sayang selalu dari ayah dan bunda.



1 comment: