Thursday, June 8, 2017

Muterin Ujung Timur Pulau Jawa

Kluyuran..sejak nikah udah mulai jarang kluyuran sebenarnya, orang bilang udah punya buntut..dikira monyet kali ya..hehe. tapi alhamdulillah sebelum puasaan kemarin akhirnya punya kesempatan untuk muterin ujung pulau jawa tersebut, mulai dari Banyuwangi, Situbondo sampai Bondowoso. Namun, kluyuran kali ini kagak kayak biasanya karena hanya berangkat barengan istri, krucil-krucil kami tinggal di malang sama oma opanya (yeee..pacaraaan..haha), semoga kagak ngerepotin..hehe, maklum karena sebenarnya kami ke banyuwangi untuk ikutan race Ijen Trail Running. Kuatir nanti kalo krucil ikut bakal ngerepotin bundanya selagi saya ikutan race.

Brangkat dari malang naik kereta Tawang Alun ke Jember. agak aneh sebenarnya kalo kami ternyata tujuannya Jember sedangkan acara race-nya ada di Banyuwangi, hhhmm.. semua gara-gara miskom sama yang nyediain penginapan selama race, ato lebih tepatnya saya males bikin itinerary sih..hehe, tapi ya wes lah. Terus akhirnya saya diskusi sama istri dan akhirnya memutuskan untuk lanjut ke Banyuwangi dengan kereta yang sama, tapi..piye cara tuku tiket e??, karena pasti kagak cukup waktu untuk turun dan beli tiket sambung pas nyampe jember, dan apesnya ini satu-satunya kereta ke Banyuwangi untuk hari itu, kalo mau ganti kereta setelah turun Jember maka akan butuh waktu lebih lama lagi dan paling tidak harus "ngemper" di stasiun sambil nunggu jadwal kereta dari Jember ke Banyuwangi, esok dini hari. Pas nyampe di stasiun bangil. ternyata kereta berhenti cukup lama, kurang lebih 30 menit karena harus ganti lokomotif. Tiba-tiba istri nyeletuk,

"kayaknya kereta berhenti lama, mending sekarang ke loket aja beli tiket Jember ke Banyuwangi dengan kereta yang sama".

Aiiih..kok kagak kepikiran ya..dasar suami lemot..hahaha. akhirnya saya turun kereta dan beli tiket lagi dengan kereta yang sama dan kursi yang sama pula. sip..DONE, akhirnya kami meluncur ke Banyuwangi dan turun di stasiun karangasem.

Kurang lebih pukul 11.30 malam kami nyampe di stasiun karangasem trus nginap di karangasem inn yang ternyata letaknya pas di depan stasiun.
“Alhamdulillaaaah…rejeki bapak sholeh”

Akhirnya bertemu mas rahmat yang punya karangasem inn yang menerima bookingan kami pakai booking.com, jadi kamar sudah di prepare untuk kami. Karangasem inn bukan penginapan yang mewah, namun cukup bersih dan nyaman dengan harga yang affordable, bahkan banyak bule yang juga nginep di sana. sesampainya di karangasem, kami pinjam motor mas rahmat sebentar buat cari makan, maklum belum makan malem, lapernya ampe ke ubun-ubun, hehe.. hasil muter-muter Banyuwangi sebentar akhirnya ada yang jualan nasi goreng.

“Horeee..girang banget, sumpaah..!!!”

Pagi hari pas kelar mandi, saya coba keluar kamar dan ternyata depan penginapan kami ada warung yang jual sarapan. Beberapa bule sudah ada yang nongkrong di lokasi untuk diantar ke lokasi wisata sambil nunggu pan cake yang mereka pesan. iyeesss, mereka sarapannya pan cake, kalo saya mah milihnya sarapan sambal sama telur dadar plus kopi..hehe

Setelah sarapan akhirnya kami lanjut ke lokasi race di kecamatan sempol dengan motor yang sudah kami sewa per hari 75rb dan kami sewa selama 4 hari sesuai rencana kami muterin Banyuwangi dan sekitarnya. Perjalanan ke sempol lumayan jauh, kurang lebih 39 KM pake motor matic yang ternyata sempat kagak kuat nanjak karena beberapa tanjakan yang cukup curam. OK..akhirnya…
“yank.., turun dulu donk, dari pada tar kita nggelundung barengan..” HAHAHA

Sesampainya di kecamatan sempol kami langsung ke lokasi race pack collection untuk Ijen Trail Running di kantor kecamatan dan minta tolong panitia untuk dicarikan penginapan yang tersisa, iya..yang tersisa, soalnya pada full dan telat booking..haha. akhirnya salah seorang panitia menujuk orang untuk mengantarkan kami ke rumah penduduk untuk menginap.

setelah sampai penginapan akhirnya kami beres-beres bawaan dan cari makan di sekitar kecamatan sempol. seperti biasa, yang kami cari ternyata bakso, dimanapun lokasinya, yang dimakan adalah bakso..haha, dan cocok lah, karena sempol adalah dataran tinggi yang dingin banget karena terletak di bawah kaki gunung ijen. kagak lama muter-muter sempol akhirnya kami balik ke penginapan untuk istirahat, maklum besok harus bangun pagi-pagi karena start jam 5 pagi dan harus istirahat yang cukup karena saya ambil kategori 42K. Pukul 03.30 saya sudah bangun karena harus nyiapin perlengkapan untuk race. Jam 4 pagi saya mulai bangunin istri saya untuk sholat shubuh dan juga karena dia bilang kalo mau ikut anter ke lokasi race start.

Kawah Wurung

13.12 WIB, saya finish dan lanjut ke penginapan untuk istirahat dan bersih-bersih bentar karena sorenya kami lanjut jalan lagi ke lokasi wisata yang ada di sekitaran sempol. Alhamdulillah kaki masih bisa dipake buat jalan dan nanjak ke kawah wurung setelah ikutan race selama 8 jam 12 menit..hehe. Pakai motor matic menuju lokasi kurang lebih 45 menit dari penginapan dengan jalan yang awalnya cukup bagus beraspal sampai jalan makadam dan tanah yang bikin motor lumayan ajrut-ajrutan. Sesampainya di lokasi kawah wuruh kabut sudah mulai turun dan suhu semakin dingin, maklum kami sampai sudah cukup sore. Lokasi yang sangat bagus yang saya lewati saat race akhirnya tertutup kabut yang mulai turun. Bahkan mas-mas yang jaga pintu masuk ke lokasi bilang bahwa saya datangnya sudah kesorean.

“Ahhh..mas nya bawell..”

Waktu semakin sore, kuatir nanti perjalanan turun akan semakin tidak nyaman, akhirnya kami memutuskan untuk segera balik ke penginapan. Malam hari kami berencana untuk ke kawah ijen untuk nengokin blue fire. NAMUN, semua gagal..rencana istirahat sebentar setelah race ternyata kebablasan dan saya bangun esok harinya..HAHA.
Oh ya..kenapa di sebut kawa wurung, ternyata dari bahasa jawa yang berarti "tidak jadi". jadi kawah wurung adalah sebuah bukit dari bentukan kawah yang mungkin dapur magmanya mati sehingga tidak jadi aktif.

Kawah Ijen

Hari ketiga perjalanan kami akhirnya kami jalan ke kawa ijen, sekalian kami turun dari kecamatan sempol dan menuju ke Banyuwangi kota. setelah mandi dan beres-beres akhirnya kami siap berangkat dan akhirnya kami meluncur ke paltuding, lokasi awal masuk ke kawah ijen. Lokasi masih sangat ramai dengan para pengunjung baik asing maupun domestic yang baru turun dari kawah ijen. lha kami..malah baru dateng..hehe. sebelum naik kami menyempatkan untuk ngopi bentar dan makan indomie di warung, mencari efek senang dari sejumput micin..

Kafein udah, micin juga udah, akhirnya kami lanjut ke loket tiket kawah ijen dan kami nitip barang bawaan kami yang lumayan berat yang isinya baju, baik yang masih wangi ataupun yang sudah kotor atau yang sudah kotor tapi masih wangi, hhmmm… Perjalanan menuju ke kawah ijen ternyata lumayan nanjak sejauh 3K dan kami tempuh hampir 1 jam perjalanan. Sempat berhenti di pos bunder di bawah kawah ijen untuk beli minum, di sana saya akhirnya ngobrol dengan salah satu penambang belerang yang kurang lebih sudah 15 tahun jadi penambang. Hampir tiap hari mereka bawa turun belerang antara 100kg-150kg dengan harga per kilonya 1000 rupiah. WHAATTSS..!!!??.

Setelah sekian lama menambang tanpa alat keselamatan yang memadai, hanya kain yang dibasahin untuk mengurangi dampak dan bau belerang, akhir beberapa tahun terakhir pihak perusahaan yang menampung belerang hasil tambang mereka memberikan masker yang bisa dibilang cukup layak dan lebih baik dari hanya sekedar kain yang dibasahin..Alhamdulillah..

Ketika kami sampai di bibir kawah, kabur sudah mulai turun dan asap belerang yang mucul dari dalam kawah juga cukup pekat dengan arah angin yang mengarah ke kami, otomatis danau yang ada di kawah tidak bisa terlihat secara jelas. Di sisi lain saat itu masih terlihat beberapa wisatawan yang melihat-lihat belerang hasil tambang yang dibawa para penambang, ada beberapa belerang yang bentuknya cukup unik dan menarik. hal tersebut merupakan keberuntungan sendiri bagi penambang karena biasanya para wisatawan ada yang berkeinginan untuk beli, dan mereka tidak mematok harga, karena tentunya harga yang ditawarkan oleh pembeli jauh lebih mahal dibandingkan harga beli pabrik yang hanya 1000 rupiah per kg.

Selain menjual bongkahan belerang hasil tambang yang bentuknya menarik ke wisatawan, sebenarnya ada beberapa penambang yang memikul hasil tambangnya ke bawah, bukan menggunakan kereta dorong yang tentunya kami rasa akan lebih meringankan beban mereka. Ternyata oh ternyata.., dari hasil obrolan kami dengan beberapa penambang, bahwa dengan menggunakan pikulan akan membuat beberapa wisatawan tertarik untuk berfoto dengan mereka dan dari sanalah mereka mendapatkan sedikit upah dari hasil foto bareng dengan wisatawan, tanpa memasang tarif mereka menerima berapun yang kita kasih.

Karena kondisi semakin mendung, akhirnya kami memutuskan segera turun dan melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi kota dan cari penginapan untuk paling tidak meletakkan barang bawaan yang cukup banyak kalo dibawa muter-muter pakai motor. Akhirnya kami menginap di Mirah Hotel, lokasinya tidak berada di tengah kota Banyuwangi melainkan lebih dekat ke pelabuhan ketapang dan taman nasional baluran. sedikit melepas lelah akhirnya kami istirahat sebentar di hotel dengan maksud akan lanjut ke baluran, namun ternyata sudah agak kesorean jika harus dipaksakan ke baluran. dengan terpaksa kami harus muter di sekitaran hotel yang ternyata ada lokasi yang bernama watu dodol yang lumayan enak tempatnya untuk nongkrong sore hanya sekedar makan jagung bakar, tahu petis atau kacang rebus, sebagai penolak masuk angin gara-gara angina laut.

Taman Nasional Baluran

Perjalanan akhirnya nyampe hari keempat dan bunda kayaknya udah mulai capek-capek. Bilang kalo kepala pusing, mual, pengen muntah..hehe, saya curiga kalo hamil lagi..hahaha, padahal udah dicekokin tolak angin. tapi, memang perjalanannya lumayan bikin capek sih, hampir 4 hari kami muter-muter kluyuran banyuwangi dan sekitarnya naek motor, karena saya rasa lebih fleksibel sih. OK, madi kelar, badan seger, kami berangkat ke baluran dan barang bawaan masih kami tinggal di hotel karena kami rencananya balik lagi ke hotel sebelum batas check out.

Perjalanan menuju baluran ternyata memakan waktu yang lumayan lama jika dibandingkan dengan jarak yang harus ditempuh dari penginapan yang hanya kurang lebih 39 KM, ternyata untuk menuju lokasi savana masih harus masuk yang lumayan jauh dengan jalan yang cukup menantang. Kondisi jalan awalnya beraspal namun sudah banyak yang terkelupas, semakin masuk ke dalam kondisi jalan semakin menantang. Mungkin harus di setting seperti itu, kalo jalannya mulus mah nanti dikira mau main ke mall..hehe.

Setelah hampir 45 menit akhirnya kami sampai di savana bekol dan kami melihat pemandangan savana yang cukup luas, namun sepi tanpa penghuni. Kami sampai di savana bekol kurang lebih setengah 9 pagi, namun matahari sudah cukup terik, mungkin itu alasan penghuni savana pada berteduh di hutan, kami kagak lihat banteng, rusa, merak dan teman-temannya, yang kami lihat hanya satu ekor kerbau yang masih enak makan sendiri, mungkin karena lagi jomblo.

30 menit berlalu dan kami terpaksa puas di savana bekol akhirnya kami meluncur ke pantai bama yang berada di kurang lebih 4 KM dari savana bekol.

Pantai Merah

Pantai merah, kenapa disebut pantai merah, karena banyak yang jualan nasi merah..hhmmm..bukan..bukaaan.., katanya sih karena senja di sana selalu bikin pantai berwarna kemerahan..hhmmm..OK. Setelah keluar dari kawasan taman nasional baluran akhirnya kami berusaha menuju ke tujuan selanjutnya. berusaha..iya berusaha, karena kondisi istri udah semakin nda karuan, mual pusing dan lain sebagainya, kayaknya kecapekan hampir 4 hari keluyuran pake motor..hehe. jam setengah 12 siang akhirnya kami sampai di hotel tempat kami menginap sebelumnya untuk ambil barang dan check out terus lanjut ke stasiun karangasem untuk tuker motor, oh ya..setelah muter-muter hampir 4 hari ternyata baru sadar bahwa masa berlaku STNK udah habis, untung aja kagak kena razia bapak polisi.

Jadi INGAT..!!! cek surat-surat motor, jangan asal pakee’

sampai di karangasem inn motor sudah disiapin, kita makan siang dan selonjoran dikit. Lihat kondisi istri yang katanya udah pusing-pusing saya akhirnya ngajak dia untuk langsung balik aja ke malang dengan kereta ke surabaya yang akan berangkat pukul 2 siang, tapi dia menolak, keukeuh pengen ke pantai merah, padahal jaraknya 83KM dari karangasem..siap-siap pantat rata lah ya..

karena tekad yang kuat..seperti para pejuang benteng takeshi..akhirnya kami berangkat ke pantai merah dan alhamdulillaaah nyampee. Ombak di pantai merah lumayan besar. beberapa wisatawan juga belajar untuk surfing di sana, bahkan untuk yang tidak bisa renang pun bisa diajarin surfing oleh instrukturnya, kata instrukturnya. Mungkin lebih tepatnya ditolongin kalo ntar tenggelam..hehe.

Jalan-jalan pinggir pantai udah kelar, hari semakin sore dan senja sudah kulo nuwoon, yang main surfing pun udah pada pulang, takut dimarahin emaknya kalo pulang kemaleman, karena tujuan kesana juga untuk foto-foto, yawes lah..sebelum balik ke karangasem kami foto-foto dulu, lemesin sebelum pantat kembali rata.

Sebelum maghrib, secepat mungkin kami balik ke karangasem setelah nge-teh anget ngilangin angin laut biar kagak masuk angin. kembali menempuk jarak 83KM dan mengejar jadwal kereta mutiara timur malam pukul 22.15 WIB ke stasiun gubeng. alhamdulillah kurang lebih pukul 21.00 WIB kami sudah sampai di karangasem inn, balikin motor, bersih-bersih sholat dan cus nunggu kereta di stasiun karangasem.

jam 4 pagi akhirnya kami sampai di stasiun gubeng, surabaya. lanjut nge-grab ke terminal bungurasih dan perjalanan kami lanjutkan ke malang naik bis. Kurang lebih jam 8 pagi kami sudah sampai rumah dan ketemu krucil-krucil..hehe..mereka seneng banget nget..nget..setelah 4 hari tinggal sama bundanya, kalo ditinggal bapaknya mah udah biasa..

Maklum kami LDM (long distance mariage)