Monday, January 16, 2023

Dieng Part 2 - Dieng Trail Run 2022

"Kalo ada sumur di dieng, boleh kita numpang mandi, tapi kalo airnya dingin, boleh lah kita mandi lain kali"

Gitu kali ya pantunnya. setelah sekian waktu akhirnya kami maen ke Dieng lagi, Alhamdulillah masih dikasih umur, waktu, cukup rejeki dan sehat wal afiat. Kalo sebelumnya ke Diang bak tahu bulat, kali ini bukan lagi tahu bulat yang dadakan karena semua sudah direncanain, kapan berangkat, nginep dimana, kemana aja, kalo orang bilang kali ini lebih well prepare lah, gitu katanya. tapi yang nyiapin tetap saja bukan saya, yang nyiapin ya bundanya anak-anak, saya kan sopir, sopir tercintaaa..uhuuk..hahaha..

Kali ini persiapannya lebih mateng karena kali ini ikutan acara Dieng Trail Run, ambil kategori 23K yang sekiranya kalo finish masih bisa ngajak anak-anak sama istri jalan-jalan lah ya, bukan malah tepar. kami Berangkat sore abis ashar abis jemput kakak les bahasa inggris (biar pinter ngomong inggris, gak cuma tau well prepare doank) langsung cus ke arah Magelang-Wonosobo dan akhirnya ke Dieng. Nyampe Dieng kurang lebih setengah 9 malam, chek in terus keluar bentar cari yang anget-anget, cilok, ronde dan kayaknya nda afdhol kalo nda di seponsori oleh indomie kuwah.

 

Makin malem makin dingin, kagak usah nunggu terlalu malam kami balik ke penginapan karena besok pagi-pagi harus mulai start. Sesampai di kamar, siapin jaket, kaos kaki, selimut trus lanjut tidur.

"Bangun tidur ku terus mandi", kayaknya lirik yang nda pas diterapkan di Dieng, emang pake air anget, tapi kan abis mandi dingin lagi, dan mandi kan nda wajib, seharusnya, tapi tidak dimata istri saya, mandi adalah sebuah kewajiban 😂. Sebelum start, bocah-bocahnya pada gelendotan semua, pada bilang agar ati-ati, mereka nungguin sambil jalan-jalan sendiri di Dieng katanya, wokeh.

 

 


Waktu start agak molor karena berberapa hal, tapi Alhamdulillah cuaca kagak panas dan relatif mendung, tapi sebenernya malah kuatir kalo ujan sih ya. Start di awali dengan treck aspal datar, tp ternyata cuma bentar doank, bener-bener bentar doank, karena abis itu belok kanan dan ternyata langsung jalanan tanah dan nanjuuaaak..jangan tanyuaaak.

Jalur pertama langsung mengarah ke puncak Gunung Prau dengan ketinggian 2590 mdpl. sebenernya nda terlalu tinggi juga elevasinya karena start sudah di sekitaran dieng plateu yang sudah termasuk dataran tinggi, yaitu di taman sailendra, cuma karena kurang latihan aja akhirnya nanjak pun menggos-menggos, tp alhmadulillah aman sampai puncak dan turun via patak banteng. ini mah kagak cuma naik yang ngos-ngosan, turunannya juga curam. tapi secara keseluruhan G. Prau keren banget dan Alhamdulillah pas di puncak G. Prau sampe turun cuaca masih cerah.

 

 

trek cukup menarik dengan pemandangan yang sangat luar biasa, sabana di puncak G. Prau yang keren banget serta deretan sumbing sindoro yang terlihat dari puncak Prau sangat indah. Trek naik ke G. Prau saya kira yang paling tinggi, tapi ternyata masih ada trek lain lagi yang lebih bikin menggos-menggos, naik ke puncak pakuwojo, secara mdpl lebih rendah dibandingkan Prau, namun secara kemiringan cukup curam


Masuk ke KM 20an dengan waktu COT sisa 1 jam, estimasi butuh waktu 30 menit untuk sampai finish, tapi ternyata masih mbleset-set, karena treknya masih lumayan rolling dan tenaga tinggal seuprit. Power walking dan sesekali lari. kalo udah lemes gini energy gel kurang ngefek, keberadaan fotografer lah yang bikin semangat, jadinya sesekali lari biar foto kece, jadi harus lari doonk, Alhamdulillah masih bisa finish under COT.

Belokan terakhir sebelum finish, dari jauh udah keliatan ternyata kakak-adek-bunda lagi nungguin sambil teriak-teriak, mereka seneng karena sopir jalan-jalan mereka hampir sampe, tandanya jalan-jalan segera dijalankan..hehe. ALHAMDULILLAH mereka juga semangat nemenin dan narik-narik sopirnya, eh bapaknya yang udah capek biar cepet finish, biar cepet istirahat? gak laaaah...kan udah dibilang, biar bisa cepet nemenin mereka jalan-jalan 😄.

YUK CUSS Jalan-jalan2..!!! 💪


 










2 comments: