Wednesday, February 3, 2021

Umroh 2020, Alhamdulillaah..Akhirnya...


Umroh 2020, rencana 2019 yang akhirnya ter-realisasi di 2020. percaya dengan afirmasi positif, akhirnya istri maksa buat follow hastag #mekah dan #umroh di akun IG, jadi kl ada postingan tentang mekah dan umroh langsung muncul, niatnya sih biar sering liat dan afirmasinya kesana.

Madinah
Alhamdulillah akhirnya jadi umroh. mikir kalo nurutin kerjaan yang kagak kelar-kelar jelas kagak bakalan berangkat, akhirnya nekat aja daftar dan pastinya 2 minggu bakal off tentang kerjaan. biar kerjaan sementara dipegang sama temen. prosesnya kagak gampang juga sih, bukan urusan kerjaan, tapi lebih ke urusan anak-anak. awalnya kami kuatir bagaimana anak-anak nantinya kalo ditinggal selama 2 minggu. akhirnya si mba meyakinkan kalo anak-anak insyaAlloh bakal baik-baik saja dan terjamin. nah..yang agak susah nih malah minta ijin ke anak-anak. sudah sejak dua bulan sebelumnya kalo nda salah, bundanya dan saya berusaha meyakinkan anak-anak, tiap kali cerita plan umroh, mereka langsung melow, nangis. pokonya ayah sama bunda nda boleh umroh. sampai akhirnya setelah hampir setiap minggu diberikan gambaran nanti kalo ditinggal umroh bakal seperti apa dan berapa lama ayah sama bunda umroh, alhamdulillah akhir, APPROVED.


Nah, kalo dilihat dari foto ini, kayaknya bisa ditebak siapa yang paling melow. yes..kakak yang paling melow, sejak awal dia juga yang paling susah diminta approval. tiap kalo ngomongin ato cerita umroh, udah nangis duluan aja dia, nih anak emang nempel banget kalo ama emaknya..hehe.


Setelah beberapa kali ikutan manasik umroh, akhirnya jadwal untuk berangkat datang juga. kami berangkat pakai travel dewangga cabang jogja yang kebetulan dipegang temen istri. sabtu pagi tgl ..... akhirnya kami berangkat via bandara adi sucipto jogja, transit spore dan akhirnya lanjut ke jeddah, penerbangan kurang lebih 9 jam dan akhirnya kami nyampe di jeddah pukul 2 dini hari dan setelah itu langsung berangkat ke madinah. Saya pikir bahwa ketika nanti sampai di madinah kondisinya akan panas seperti bayangan bahwa jazirah arab adalah tempat yang panas. tapi ternyata, dingin bangeeet sampai 11 drajat.



Madinah

nyampe madinah, check in dan setelah itu langsung ke masjid nabawi karena sampai sana udah masuk waktu subuh dan lanjut jalan-jalan pagi muter-muter sekitaran masjid nabawi. yang seru juga ternyata nde sana banyak merpati yang bebas dan orang-orang yang umroh seneng kasih makan.

muter-muter dari masjid ke masjid yang ada di sekitaran masjid nabawi. ada masjid ghomamah (masjid awan), masjid Syaidina Ali, dan masjid Syaidina Abu Bakar yang mana masing-masing masjid punya cerita masing-maisng, seperti halnya masjid ghomamah atau disebut masjid awan dimana dulu ketika Nabi Muhammad berkhutbah ketika sholat ied, selama khutbah tersebut awan selalu memayungi Nabi Muhammad dan jamaah sehingga peristiwa tersebut diabadikan sebagai nama masjid tersebut.



Setelah muter-muter barengan rombongan akhirnya jalan-jalan juga sendirian barengan istri. muter keliling sekitaran hotel di madinah, liat-liat orang jualan yang ternyata lumayan fasih bahasa indonesia. mulai dari jualan baju, jualan makanan dan oleh-oleh. mereka selalu berusaha akrab dengan orang indonesia dengan beberapa pertanyaan, seperti pertanyaan "indonesia, istri berapa?" dan dilanjutkan dengan kelakar mereka bahwa mereka bisa beristri 4, hehehe.
selain itu ada kejadian yang bikin istri saya risih ketika beberapa penjual baju dan oleh-leh nawarin obat kuat yang bernama hajar jahanam, mereka selalu bilang "pakai ini, bisa 4 kali", hahahaha. 



Nah salah satunya ini yang bikin saya seneng, burung daranya bebas terbang kemana-mana dan serunya kalo tiba-tiba terbang bersamaan. buuurrrr...bagus banget. tapi awas kalo pas burung terbang tiba-tiba crottt..burungnya pup, karena mereka cukup lihai untuk pup sambil terbang.

Selama hampir 1 minggu di madiah, alhamdulillah rasanya tenang banget ya, setiap datang waktu sholat, dorongan untuk sholat ke masjid itu sangat luar luar biasa. bahkan kadang balik ke hotel setelah dari masjid hanya untuk makan doang, abis itu balik lagi k masjid untuk bisa sholat di shof paling depan. Selain itu hal yang membuat semangat banget adalah ketika harus berebut untuk bisa sholat dan berdoa di roudloh, tempat yang sangat mustajab yang terletak antara mimbar rosululloh dan rumah rosululloh yang sekarang menjadi makam beliau.

Setelah selesai berdoa dan sholat di raudloh, kami keluar dan melewati makam rosululloh. beberapa kali melewati makam beliau namun setiap melewati makam beliau tak kuasa menahan air mata. sosok manusia luar biasa pembawa risalah islam. Pengalaman yang luar biasa. semoga bisa kembali lagi ke sana suatu saat nanti. amiin.



Mekah
Setelah beberapa hari di madinah, akhirnya kami berangkat ke kota Mekah untuk melakukan ibadah umroh. beberapa hari di mekah, selain umroh kami juga melakukan beberapa city tour untuk melihat peninggalan perjuangan dakwah islam yang dilakukan oleh Rosululloh dan para sahabat. Napak tilas perjuangan mereka yang luar biasa. bahkan ketika dalam perjalanan dari Madinah ke Mekah yang cukup jauh, ternyata medannya luar biasa, gurun dan banyak berbatu dengan bukit yang cukup terjal. Jadi terbayang perjuangan berat ketika Rosululloh melakukan hijrah dari mekah ke madinah.


Jabal Rahmah, sebua gunung yang sebenarnya kagak setinggi gunung-gunung di indonesia. Jabal Rahmah sebenarnya merupakah bukit dimana tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa. Saya ngebayangin kondisi ketika itu, di bumi cuma berdua terpisah jarak yang jauh banget karena berdasarkan cerita, Nabi Adam diturunkan di India sedangkan Siti Hawa di Jeddah, kalo nurut sama google jaraknya sih sampai 4000 KM. WOW...dan akhirnya bisa ketemu di jabal rahmah. kagak kebayang gimana bahagianya ya mereka ketika ketemu..hhmmmm..


Berkunjung ke kebun kurma, sebenarnya bukan kebun kurma yang gede banget ato luasnya berhektar-hektar karena awalnya saya mikir kebunnya seperti kebun sawit di Indonesia. Kalo di Indonesia mungkin bisa dibayangin kayak kebun belakang rumah lah yang isinya pohon mangga, pohon jambu. cuma kalo di arab kebunnya isinya pohon kurma. trus hasil kebunnya dijual di depan rumah, tapi kalo dilihat-lihat yang beli isinya orang indonesia semua.

sempet sih penasaran trus tanya sama tour guide, kenapa ini yang beli orang indonesia semua dan yang jualan juga orang indonesia bahkan yang orang arabnya juga fasih banget bahasa indonesia. Ternyata, usut punya usut itu berhubungan dengan budaya bahwa orang indonesia setelah jalan jauh atau wisata baliknya harus bawa oleh-oleh, kalo kagak bawa jadinya kagak enak dan yang lebih parahnya biasanya yang nanyain oleh oleh bukan orang isi rumah, tapi tetangga dekat, agak dekat sampai tetangga yang jauh, eh..kl udah jauh itu tetangga bukan sih? hehe. ya wes lah..demi silahturahmi.


Lanjut jalan, kami ke gunung uhud untuk napak tilas perjuangan Rosulullah dan membayangkan kondisi perang uhud, gunungnya kagak tinggi sih tapi kalo lihat posisinya memang strategis ketika saat itu perang dengan menggunakan panahan. Posisi di atas menguntungkan bagi parah pemanah untuk mengarahkan panahnya ke para musuh.
Di sana juga ada 70 makan syuhada ahli surga yang sudah gugur saat perang uhud termasuk paman Nabi yang bernama Hamzah.



Dini hari, kami akhirnya menjalankan ibadah umroh untuk pertama kali, tawaf dan sai sampai tahalul. Alhamdulillah akhirnya umroh pertama bisa dijalankan dengan lancar. Balik ke hotel, tapi mampir dulu ke tukang potong rambut untuk cukur gundul pelontos melanjutkan proses tahalul saat di masjid.

Ok, berikut penampakan para brand new-gundulers yang masih mengkilat gundulnya dan maish terasa perih-perih, karena digundulnya pake kerokan, kebayang kan jerawat kecil-kecil di kepala ikutan kena kerok juga..hahaha. ngomong-ngomong, ini gundul plontos pertama saya.






Kuliner

Bukan kulineran sih sebenarnya, hanya muter-muter disekitaran untuk tahu kira-kira ada makanan apa aja di sekitar kita tinggal ketika di Madinah dan Mekkah.


ini sepertinya jajanan kami yang pertama, setelah jalan-jalan dan balik ke hotel ternyata ada yang jualan makanan yg kalo diindonesia dibilangnya junkfood, tapi ya udah kita coba aja. akhirnya kami beli kebab. rasanya? yah..nda papa lah dicoba daripada kagak ada.heheh.


kopi. yak akhirnya kami cari kopi, sebenarnya juga kagak niat cari sih. niat pertama memang cuma jalan-jalan di sekitar hotel tempat kami menginap untuk tahu kira-kira ada makanan apa yang dijual. ternyata ada yang jualan kopi. horee..karena di luar hotel suhunya dingin banget, sempat menyentuh 11 derajat, kopi panas sepertinya hal yang tepat. akhirnya kami beli kopi turki panas biar agak angetan dan istri saya beli teh tarik.


lanjut muter lagi ternyata aja yang jualan makanan anget-anget juga. BAKSO SAPI. yak, kenapa banyak makanan indonesia seperti halnya bakso sapi, ya karena pangsa pasarnya banyak, yang umroh paling banyak juga orang Indonesia. pastinya mereka akan cari makanan yang ada di tanah air lah. tapi saya kagak beli. tumben ada bakso tapi saya kagak beli...hehe


icip-icip makanan lanjut lagi ketika di mekah. sepulang dari masjidil harom menuju hotel istri ngajakin untuk beli makanan yang katanya enak banget, saya mah kagak tau, tapi diiyain aja lah. ALBAIK. sumpah nih makanan enak banget ternyata, bahkan ketika dimakan pas udah dingin. ada ayam goreng, filet ikan goreng yang semuanya enak. belinya antri pake banget. jalur antrian antara cewek dan cowok pun dipisah, karena antrian cewek lebih pendek, akhirnya istri lah yang antri..hehe


sekali lagi, balik dari masjid kami kagak langsung balik hotel. muter mampir cari tempat makanan. dapat lagi kopi dan donat, warna pink. hehehe.


Setelah beberapa hari muter di sekitar masjidil harom, akhirnya kami mencoba untuk melihat kawasan dibelakang hotel. hal yang bikin kami penasaran, karena di belakang hotel kami masih banyak hunian atau hotel yang lebih kecil dan padat. setelah jalan menyusuri jalanan yang isinya banyak orang pakistan, india, dapat disimpulkan bahwa kawasan tersebut bisa dibilang kawasan menginap orang-orang mayoritas dari pakistan dan india. bahkan, makanan yang dijual juga makanan khas dari pakistan dan india. kami ikuta antri untuk mencoba makanan tersebut. penjual akhirnya memnggil kami untuk maju kedepan, padahal kami sedang mengantri diantara pembeli yang wajahnya tentunya berasal dari india dan pakistan, tentunya wajah kami asing bagi penjual.hehe.
mungkin mereka merasa aneh kenapa ada wajah berbeda yang ikutan antri makanan khas meraka, akhirnya kami dipanggil untuk maju dan mendapatkan pelayanan lebih dulu. kemi beli roti panggang khas mereka. harganya murah banget. saya kira beli 2 biji itu cukup tapi ternyata lebih dari cukup karena gede banget rotinya..hehe.





nih..yang abis beli
ditulis ben gak lali



1 comment:

  1. bismillah bisa kesini lagi. diniatin lagi pengen pergi kesini yank. Gatau darimana, pokoknya kesini dulu wkwkwk

    ReplyDelete