Thursday, December 14, 2017

Udah Nikah Berasa Single, Enak Gak Sih?


“Banyak yang bilang hidup bujang itu enak, Cuma mikir diri sendiri, mau ngapin aja terserah, bebas”

Asem ik..ada yang nyamain kondisi saya sekarang dengan statement di atas.

Sore kemarin tiba-tiba aja istri tanya

“ayah, jadi ayah itu enak kagak sih? Kata orang-orang enak banget, soalnya jauh dari istri, jauh dari keluarga. Jadi, walaupun udah punya keluarga, anak istri. Tapi tetep aja merasa single. Karena jauh dari anak istri.”

Lha..emang enaknya gmn?

“iya, kagak harus bangun pagi, karena bangun agak siang pun kagak ada yang gangguin, semaunya sendiri, bangun tidur paling abis itu mikir kerjaan, pulang kerja paling istirahat, trus cuma tlp”

“kagak ribet dengan kerepotan yang ada nde rumah, kagak usah bantuin bersih-bersih rumah dan lain sebagainya”

“kagak usah ribet mikir kalo anaknya sakit atau kerepotan kalo anaknya ngerengek karena kagak enak badan”

“kagak diribetin anaknya yang mungkin kalo pagi minta diantar sekolah, ato minta jemput pulang sekolah”

Wooww..saya jadi penasaran siapa yang nanya gitu ke istri saya..hehe


Gini ya, menurut saya semua ada masanya, maksud saya adalah masa dimana manusia itu mempunyai peran yang berbeda sesuai perjalanan waktu. Mulai dari lahir sebagai bayi, tumbuh jadi bocah, berkembang sebagi remaja, dan mungkin bijak sebagai manusia dewasa. Saya yakin secara naluriah, kebutuhan dalam menjalanain peranan tersebut juga berubah seiring waktu.

Nah..ketika sudah menikah, tentunya kebutuhan peranan itu juga berubah. Tidak hanya menjadi manusia dewasa yang lebih bijak, tapi juga harus menjadi suami dan ayah-jika sudah punya anak- yang baik bagi keluarga. Jadi seharusnya posisi saya juga sama dengan ayah-ayah dan suami-suami yang lain yang pengen dekat sama keluarganya.

Dari beberapa pernyataan yang muncul tadi, apa iya sebenarnya 100% seperti itu? Coba dilihat dari sisi yang lain, apakah iya suami-suami yang mengalami kondisi yang sama dengan saya merasa lebih bahagia dibanding jika mereka bisa berkumpul dengan keluarga setiap hari.

Mengenai kondisi bisa bangun pagi tanpa gangguan, dan tanpa mikirin ngeramut anak. GINI YA..saya memang orang yang susah bangun pagi, paling bangun sholat shubuh trus tidur lagi, bahkan saya setting alarm untuk bangun 5 menit lagi itu bisa kejadian. Tapi..perasaan ketika saya dibangunkan oleh anak-anak saya ketika di rumah itu kebahagiaan tersendiri buat saya. Melihat perjuangan mereka membangunkan ayahnya yang tukang molor sambil menarik-narik agar turun dari kasur, trus teriak-teriak komplain ke bundanya,

“bunda..ini lho ayah nda bangun-bangun”

Melihat tingkah lucu mereka di depan mata saat bangunin saya yang sedang tidur itu kebahagiaan tersendiri bagi saya, jauh dari kebahagiaan bisa tidur lagi 5 menit sebelum alarm bunyi. Oh iyaa akhir-akhir ini kalo saya balik ke jogja, biasanya saya bisa ajak mereka jalan-jalan naik sepeda pagi-pagi, soalnya kami punya sepeda onthel baru..haha.

Mungkin mereka yang komen tidak melihat itu

Trus urusan ngeramut anak, eehhh..sori..maaf ya, saya adalah-InsyaAlloh-ayah yang sangat menikmati proses ngeramut anak saya. saya selalu menikmati bagaimana saya becanda dengan anak saya yang kecil saat dia mandi, saat saya memakaikan baju, saat saya kasih minyak telon ke badannya, saat saya kasih bedak, saat saya belajar nguncir rambutnya yang sudah semakin panjang. Untuk kakak yang sudah semakin besar, mungkin kagak seribet adeknya, hanya saja dia sudah bisa ngeyel dan berargumen. Jujur saya sangat menikmati perkembangannya, semakin dia ngeyel berarti semakin pinter dia, semakin tertantang untuk bisa jelasin eyelannya dia.

Mau tau contoh ngeyelnya kakak saat susah disuruh mandi?

Mungkin turunan ayahnya yang juga susah disuruh mandi..hehe. Gini..kejadiannya suatu hari ketika sudah waktunya mandi sore, dia beneran kagak mau mandi bahkan tanya kenapa harus mandi, padahal sudah dibilang kalo mandi itu biar badannya seger dan bersih. Ternyata dia kagak terima, tetep aja ngeyel kalo mandi itu kagak bikin seger dan bilang kalo badannya bersih. Maka semua eyelannya harus bisa dimentahkan dengan bukti, akhirnya saya tunjukin aja, okelah kalo emang menurut kakak mandi kagak bikin seger, tapi saya tunjukin kalo badannya kotor, saya gosok-gosok tangannya dan ternyata ada dakinya, orang jawa bilang ada bolotnya..hehe. sambil nangis dia harus menerima kenyataan bahwa badannya kotor kalo nda mandi dan akhirnya dia mau mandi.

Itu semua adalah hal yang sangat membahagiakan buat saya, bisa nanganin adek yang rewel dan kakak yang suka ngeyel. Trus bagaimana saya bisa merasa lebih bahagia kalo hal tersebut hanya bisa saya lakukan seminggu sekali, atau bahkan 2 minggu sekali??

Mungkin mereka tidak merasakan itu.

Tapi, kan kagak pernah keribetan bersihin rumah? Yang masih kagak terima pasti akan lanjut dengan kelakar itu.

Gini, sebenarnya saya memang tidak menginginkan istri saya terlibat banyak dalam bersih-bersih rumah, saya lebih milih dia bisa main dan meluangkan waktu lebih banyak buat anak-anak. makanya saya punya mba di rumah yang saya harap bisa bantuin istri saya bersihin rumah, walopun memang kadang masih aja dibersihin sendiri, maklum standard bersihnya beda..hehe

Bahas masalah standard bersih-bersih, terkadang saya memang lebih memilih agar istri saya lebih leluasa untuk bersih-bersih, dengan cara apa? Saya yang bagian nanganin anak-anak, mulai dari saya ajak jalan keliling komplek dan sebagainya agar kagak ganggu istri saya yang lagi bersih-bersih. Intinya adalah bagi tugas. Daripada saya nyapu trus abis itu istri saya nyapuin lagi lantai yang saya sapu..hayooo..!!!hehe.

Mungkin mereka tidak tahu itu.


Tapi, kan dia kagak pernah ngerasain pas ngurusin kalo anak sakit ato kagak enak badan?

Ah..dikau kejam berprasangka seperti itu kisanak..!!!

Saya lebih stress jika anak sakit dan jauh dari mereka, bagaimana mungkin bisa tenang jika kagak bisa tahu kondisi mereka secara langsung.

“Tapi kan ayahnya bisa tidur di tempat nan jauh di sana sedangkan bundanya harus bangun nungguin anaknya yang lagi sakit dan susah istrirahat”

Jika itu kelakar selanjutnya..semakin kejam kau berprasangka kisanak..!!!

Sekejam itu kah saya? silakan saja tanya ke istri saya, jika anak saya sakit dan susah tidur, nan jauh disini saya juga kagak tidur, saya nemenin istri saya dan ngobrol lewat telepuuun dan terkadang video call, dan sekali lagi, ITU LEBIH BIKIN STRESS, karena saya tidak berada di dekat orang-orang tercinta saya yang sedang kena musibah. Perasaan jadi kagak tenang.

Mungkin mereka tidak tahu itu

Yaaa..kalo sakit kan tidak setiap hari, jadi ribetnya sekali-kali aja, gimana kalo urusan sekolah, minta antar jemput setiap hari? Ribet kan..

Aaarrrggg…sak karep sampean lah.

Tapi, saya adalah seorang ayah yang sangat menikmati bisa ngobrol dengan anak-anak saya. kesempatan ngobrol saat pergi berdua dengan masing-masing anak saya adalah momen yang luar biasa bagi saya. mendengarkan celotehan bocah 5 tahun dengan keluguan, keingintahuan dan terkadang kesoktahuan dia adalah hal yang menakjubkan bagi saya. kagak pernah menyangka kan saat ngobrol berdua tiba-tiba dia usulin hadiah ulang tahun bundanya adalah bis, karena kalo hadiah kerudung bunda udah punya banyak, dan sekejap dia meralat usulnya

“ah..jangan bis ayah, nanti diparkir dimana? Kan rumah kita kecil”

Hahaha..keluguan dan kelucuan dari obrolan ayah dan anak yang semakin besar, yang tetap saya harap bisa tetap ngobrol asik dengan dia bahkan sampai besar. Karena kerinduan seorang ayah terhadap anaknya adalah bisa kembali bebas ngobrol dan berbagi seperti saat mereka masih kecil.

DAN, asal tahu saja, antar jemput sekolah anak saya setiap hari adalah impian saya yang sayangnya sampai saat ini masih belum bisa saya lakukan setiap hari. Pernah sekali saya ambil jatah cuti, demi apa? Demi hanya bisa antar anak saya berangkat sekolah pagi hari dan jemput sore harinya, dan di sela itu saya tetap kerja..alhamdulillah bisa agile working.

Wes lah ya..orang jawa bilang urip iku sawang sinawang.

Jujur saja, kalo ada orang bilang saya enak karena tetap merasa bujang walau udah menikah karena jauh dari istri dan anak jadi merasa bebas.

Maka kali ini saya bilang, bahwa saya iri dengan suami-suami yang bisa memeluk istrinya setiap hari, mecium keningnya ketika berangkat kerja, merasakan masakan istri bagaimanapun rasanya. Saya iri dengan ayah-ayah yang bisa antar jemput sekolah anaknya setiap hari, ayah-ayah yang bisa ngobrol dan berbagi cerita dengan anak-anaknya setiap hari sambil melihat pancaran mata anaknya yang berbinar saat cerita.

jadi, buat yang berkelakar mengenai enaknya saya yang jauh dari anak istri, jika itu seorang ayah maka seharusnya sampean lebih bersyukur bisa menatap wajah polos anak-anak sampean saat tidur, mencium bau asem bocah yang bikin kangen, sedangkan saya belum bisa. Jika yang berkelakar itu seorang istri maka seharusnya sampean bersyukur bisa setiap hari bertemu suami sampean, bisa berbagi cerita keluh kesah tanpa ada jarak, sedangkan istri saya belum bisa.

Tapi, saya juga berusaha untuk melihat dari sisi lain, bukan sebagai sindiran melainkan pertanyaan dan kelakar tadi sebagai pengingat bahwa ada orang yang perhatian terhadap kami, sebagai pengingat bahwa saya harus berusaha lebih dekat dengan keluarga walopun LDR, pengingat untuk tetap berdoa agar bisa menjadi keluarga yang tidak hanya tinggal di Samara Regency jogja, tapi benar-benar menjadi keluarga yang samara (sakinah, mawadah wa rohmah)..hehe.

Kanggo bunda..seng sabar yo..sabar dadi bunda e bocah-bocah seng tambah pinter, sabar dadi bojone asyrofi seng moloran..hehe..

sek..sek..kok fotone koyoke gak nyambung..??babahno..iku lak menurutmu..



No comments:

Post a Comment